Karpet Skip to main content

Karpet

Karpet merupakan suatu eleman yang harus ada di dalam suatu hunian. Setiap tahunnya selalu muncul trend-trend terbaru baik dalam motif maupun jenis. Karpet berasal dari bahasa italia kuno, yaitu carpita/carpire yang artinya membului. Yang dimaksud dengan karpet secara istilah adalah suatu penutup lantai yang bagian atasnya (bagian berbulu) yang melekat pada bagian bawahnya. Seiring perkembangan zaman, terdapat berbagai macam macam karpet lantai.

KONSTRUKSI KARPET
Rumbai
Rumbai adalah teknik membuat karpet dengan menggunakan mesin tenun yang diarahkan oleh komputer. Dalam membuat berbagai pola karpet, ini menggunakan benang sintetis. Ratusan jarum akan menjahit sejumlah baris benang karpet melalui kain. Karpet berumbai memiliki daya tahan yang kokoh dan awet untuk waktu yang lama.
Tenun
Tenun dapat dilakukan dengan tangan atau pada alat tenun dengan mesin. Karpet tenun dibuat pada alat tenun dengan benang secara bersamaan dengan benang. Karpet tenun yang lebih mewah dan berkualitas premium, tentu saja akan mencerminkan harganya.












BENTUK KARPET
1. Karpet Tile, karpet ini dibentuk menyerupai ubin atau keramik dengan garis-garis dan warna yang berkesinambungan dari satu tile ke tile yang lainnya sehingga terkesan sederhana tetapi elegan. Karpet jenis ini biasa terdapat di ruangan-ruangan yang cukup luas seperti ruangan meeting atau balroom digedung perkantoran.

2. Karpet Permadani, karpet jenis ini biasa ditemukan diruangan-ruangan santai seperti ruang keluarga dan kamar tidur, selain berguna untuk mempercantik ruangan atau alas furniture permadani juga sering digunakan sebagai alas duduk dan bersantai keluarga agar suasana lebih hangat.

3. Karpet meteran, sesuai dengan namanya karpet ini dijual meteran dan berbentuk persegi panjang dengan ukuran-ukuran yang disesuaikan dengan pesanan. Karpet ini biasa kita temukan ditempat-tempat ibadah seperti untuk sajadah dimushola dan juga untuk acara-acara tertentu.




JENIS KARPET
Karpet Sutra
Karpet sutra merupakan salah satu karpet yang berasal dari serat alami. Karpet sutra mungkin kurang familiar karna harganya yang relatif mahal. Namun harganya yang mahal tentunya karna kualitas tinggi dari karpet jenis ini, karpet sutra selalu menampilkan kesan mewah, bahannya halus, serta umunya bercorak dengan warna yang kuat. Hal yang harus diperhatikan yaitu karpet jenis ini menimbulkan bekas kaki, sehingga perlu diperhatikan area penempatannya.

Karpet Polypropylene
Karpet jenis ini merupakan karpet yang berasal dari serat sintetis (buatan). Karpet jenis ini mudah dibersihkan dari noda, namun bahannya cepat pudar. Karpet ini merupakan salah satu jenis yang paling banyak diminati karna harganya relatif murah. Bagi anda yang mempunyai budget pas-pasan karpet ini merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Karpet Wol
Karpet wol memiliki bahan yang halus, wol juga memiliki daya tahan yang tinggi, karpet jenis ini tahan noda dan air, bahannya juga sangat nyaman untuk kulit.
Karpet lantai dari wol adalah salah satu bahan terbaik dan cukup popular. Karena sifat serat alaminya, karpet lantai dari wol biasanya lebih lembut dan tahan pakai. Keunggulan lain dari karpet lantai dari bahan wol adalah mudah dibersihkan, tidak gampang bernoda dan punya ciri khas yang mewah dan nyaman. Karpet lantai dari wol umumnya sering digunakan di ruangan rumah yang sering dilalu lalang, misalnya di interior ruang keluarga dan ruang makan. Hindari pemakaian bahan karpet lantai ini untuk daerah yang lembab karena akan berjamur dan memudar warnanya. Jika di rawat dengan baik, wol bisa bertahan hingga puluhan tahun, namun harga karpet ini masih tergolong mahal.

Karpet Nilon
Karpet nilon merupakan salah satu jenis karpet berbahan sintetis, karpet ini mudah dibersihkan dan awet, karpet jenis ini juga mudah dipindahkan harganya juga relatif lebih terjangkau.





Karpet Katun
Bahan dasar katun juga sering digunakan untuk pembuatan karpet, harga karpet katun relatif murah, mudah dibersihkan, namun karpet jenis ini tidak memiliki daya tahan yang lama, sehingga sebaiknya digunakan pada area dengan lalu lintas rendah. Karpet lantai dari katun lebih cocok digunakan di area umum seperti ruang foyer ataupun dapur. Dengan menggunakan karpet lantai nilon akan lebih menghemat biaya baik dalam pembelian maupun perawatan. Karpet lantai nilon banyak digunakan untuk perkantoran karena biaya yang murah dan perawatan yang mudah, apabila berpindah lokasi karpet nilon juga mudah dipindahkan. Bahan nilon sendiri terbuat dari plastik sehingga bisa dicuci dengan air.

Karpet Kulit Hewan
Karpet jenis ini terbuat dari kulit hewan yang telah dibersihkan dan dikeringkan, biasanya berupa panel yang dijahit atau tenunan strip.
Karpet jenis ini mudah dibersihkan dan tahan lama, juga memiliki keunikan tersendiri karena potongannya. Biasanya karpet lantai kulit hewan dibandrol dengan harga yang tinggi karena tidak mudah didapatkan, serta punya nilai unik tersendiri. Hal yang harus diperhatikan, karpet dari kulit hewan tidak tahan untuk keadaan lembab atau pun basah. Lebih sering mengambil peran dekorasi, karpet lantai jenis kulit hewan bisa menjadi elemen yang menarik perhatian di sebuah ruangan.

Karpet Vinyl
Karena bentuknya yang menyerupai karpet vinyl roll sering di sebut sebagai karpet dengan bahan yang agak berbeda dari jenis karpet yang sudah disebutkan diatas. Tingkat ketebalan pun berbeda dengan karpet pada umumnya. yaitu berkisar antara 0,5 mm sampai dengan 2,2 mm.
Namun karpet ini memiliki tingkat kelenturan yang cukup tinggi, nyaman di pijak dan mudah perawatannya. (klik disini untuk info harga terbaru karpet vinyl)

Karpet Benang Rami

Salah satu bahan natural dalam pembuatan karpet lantai, benang rami juga cukup tahan dan mudah dipadupadankan dengan bermacam gaya desain interior rumah. Karpet lantai dari benang rami cocok digunakan di bagian luar rumah karena sifatnya yang lebih keras dan tahan cuaca. Tekstur karpet lantai ini biasanya lebih padat dan tidak lembut, tetapi pastinya tahan untuk berbagai kebutuhan.






Sintetik
Bahan sintetik adalah alternatif dari beberapa bahan karpet lantai yang bersifat alami misanya wol, katun, sutra hingga kulit asli. Jenis karpet lantai sintetik biasanya lebih terjangkau, namun bisa dibuat sedemikian rupa sehingga masih ada kesan elegan dan luks layaknya dari bahan asli.

Bahan ini juga mudah didapat dan gampang dibersihkan setiap saat. Namun kelemahan karpet lantai sintetik adalah lebih cepat rusak, terutama jika sering mendapat paparan perubahan cuaca dan kelembapan.

Karpet Viscose
Dibuat untuk yang lebih mengutamakan nilai estetika di dalam ruangan. Karpet ini dibuat menggunakan bahan sintetis yang teksturnya menyerupai sutra. Harganya jelas lebih murah dibandingkan karpet sutra asli.














Karpet Loop Pile
Karpet bulu loop pile ini merupakan perpaduan dari wol, nilon, dan polypropylene. Karpet bulu tipe ini disukai banyak orang karena bisa menyembunyikan bekas pijakan kaki. Sangat cocok diletakkan di ruangan yang sering dikunjungi orang seperti interior ruang keluarga. Tapi sayangnya, karpet bulu ini tidak cocok untuk yang memiliki anjing atau kucing karena cakar mereka bisa tersangkut pada bulu-bulu karpet.


Karpet Saxony
Karpet bulu tipe berikutnya adalah saxony. Karpet ini dibuat menggunakan benang rajutan dengan ukuran panjang yang hangat dan memiliki tekstur paling lembut di antara karpet lainnya. Bulu-bulunya bisa dengan mudah diratakan kembali sehingga jejak kaki bisa tertutup dengan baik dan karpet pun tetap terlihat cantik.  Karpet bulu yang satu ini cocok diletakkan di kamar tidur, ruang keluarga, serta ruang makan. Ketebalan yang lebat yang membuai kaki anda hidup dalam kenyamanan. Setiap benangnya memiliki sentuhan seragam, membuatnya menjadi solusi sempurna untuk kamar tidur utama dan ruang makan. Karpet jenis ini memberikan nuansa elegan dan tradisional.

Karpet Twist Pile
Dibuat dari jalinan serat, empuk saat diinjak oleh kaki, mampu menyembunyikan bekas telapak kaki, penyedok debu dan jejak pembersih. Ideal untuk diletakkan di ruangan dengan frekuensi aktivitas yang tinggi. Cocok untuk diletakkan di ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, lorong dan tangga.











Karpet Berber
Berber adalah karpet jenis loop-pile yang terbuat dari bahan benang rajutan. Materialnya yang berat cocok untuk dipasang pada lokasi yang jarang dibongkar pasang. Bagus untuk menggunakannya dalam ukuran yang luas. Cocok diletakkan di ruang keluarga, ruang makan dan kamar tidur.







Karpet Woven
Diyakini oleh sebagian orang sebagai karpet dengan bahan dan tampilan terbaik. Biasanya memiliki kualitas tinggi. Terdapat dua jenis: Axminster dan Woven. Biasanya harganya mahal karena materialnya termasuk bahan langka. Cocok untuk diletakkan disemua ruangan rumah.








Karpet Plush

Pada karpet jenis ini, semua serat dipotong pada ketinggian yang sama. Jenis karpet ini lebih disukai untuk rumah tangga yang sibuk dan cocok untuk ruangan yang menuntut permukaan halus.








Karpet Texture

Ini adalah karpet yang paling serbaguna. Karpet ini mempunyai kelembutan yang akan melengkapi setiap bidang rumah. Karpet ini bagus dalam menyembunyikan noda kaki dan jejak vakum.










Karpet Frieze
Karpet ini memberikan kenyamanan kasual karena seratnya yang ringan. Karpet ini memberikan kelembutan karena tidak kaku. Ini adalah karpet yang tahan lama, yang menciptakan permukaan bertekstur dengan penampilan kental. Karpet jenis ini biasanya dipakai untuk lorong-lorong dan kamar anak-anak.







Karpet Sisal
Bahan karpet sisal berasal dari tumbuhan sehingga lebih aman digunakan. Karpet sisal tidak dapat dicuci dengan air karena memiliki struktur yang kasar dan mudan mengembang apabila terkena air, untuk membersihkannya cukup menggunakan penyedot debu. Karpet sisal biasa digunakan untuk melapisi seluruh lantai dalam satu ruangan ataupun tangga rumah supaya tidak licin.






Comments

Popular posts from this blog

Metode Hydraulic Static Pile Driver (HSPD)

Hydraulic Static Pile Driver (HSPD) adalah suatu sistem pemancangan pondasi tiang yang dilakukan dengan Cara menekan tiang pancang masuk ke dalam tanah denganmenggunakan dongkrak hidraulis yang diberi beban berupa counterweight. Pada proses pemancangan tiang dengan menggunakan Hydraulic Static Pile Driver (HSPD), pelaksanaannya tidak menimbulkan getaran serta Gaya tekan dongkrak hidraulis langsung dapat dibaca melalui sebuah manometer sehingga besarnya Gaya tekan tiang setiap mencapai kedalaman tertentu dapat diketahui. Kapasitas alat pemancangan HSPD ini ada bermacam tipe yaitu 120 Ton, 320 Ton, 450 Ton, pemilihan alat disesuaikan dengan desain load / beban rencana tiang pancang. Untuk menghindari terjadinya penyimpangan prosedur kerja yang tak terkendali, maka prosedur kerja harus diikuti secara cermat. Oleh karena itu, segala perubahan atau penyesuaian yang dilakukan sebagai antisipasi atas kondisi lapangan hanya boleh dilaksanakan atas petunjuk dari site manager dan dengan persetuj

Pondasi Jalur atau Memanjang (Strip Foundations)

Pondasi jalur/ pondasi memanjang (kadang disebut juga pondasi menerus) adalah jenis pondasi yang digunakan untuk mendukung beban memanjang atau beban garis, baik untuk mendukung beban dinding atau beban kolom   dimana penempatan kolom   dalam jarak yang dekat dan fungsional kolom tidak terlalu mendukung beban berat sehingga pondasi tapak tidak terlalu dibutuhkan. Pondasi jalur/ pondasi memanjang biasanya dapat dibuat dalam bentuk memanjang dengan potongan persegi ataupun trapesium. Bisanya digunakan untuk pondasi dinding maupun kolom praktis. Bahan untuk pondasi ini dapat menggunakan pasangan patu pecah, batu kali, cor beton tanpa tulangan dan dapat juga menggunakan pasangan batu bata dengan catatan tidak mendukung beban struktural. Pondasi Jalur atau Pondasi Memanjang Pondasi ini digunakan pada bangunan sederhana yang kondisi tanah aslinya cukup baik. Biasanya kedalaman pondasi ini antara 60 - 80 cm. Dengan lebar tapak sama dengan tingginya. Kebutuhan bahan baku untuk pondasi in

Pondasi Tiang Pancang dengan Drop Hammer

Dalam pembangunan sebuah gedung, pondasi adalah salah satu bagian terpenting untuk  menopang bangunan di atas tanah. Untuk pemasangan pondasi pada bangunan sederhana tidak memerlukan alat bantu, tetapi untuk pemasangan pondasi pada bangunan pencakar langit yang biasanya menggunakan pondasi tiang pancang maka diperlukan alat bantu. Alat bantu tersebut berupa alat pemukul yang dapat berupa pemukul (hammer) mesin uap, pemukul getar, atau pemukul yang hanya dijatuhkan. Alat pemukul yang berupa pemukul yang hanya dijatuhkan disebut dengan drop hammer atau pemukul jatuh. Drop hammer merupakan pemukul jatuh yang terdiri dari balok pemberat yang dijatuhkan dari atas. Cara kerja drop hammer adalah penumbuk (hammer) ditarik ke atas dengan kabel dan kerekan sampai mencapai tinggi jatuh tertentu, kemudian penumbuk (hammer) tersebut jatuh bebas menimpa kepala tiang pancang . Untuk menghindari kerusakan pada tiang pancang maka pada kepala tiang dipasang topi/ cap (shock absorber), cap ini biasanya

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Tulangan Struktur

Secara umum, pekerjaan pembesian merupakan bagian dari pekerjaan struktur. Pekerjaan ini memegang peranan penting dari aspek kualitas pelaksanaan mengingat fungsi besi tulangan penting dalam kekuatan struktur gedung. Berikut adalah metode pelaksanaan pekerjaan pembesian mulai dari tahap penyimpanan hingga pemasangan tulangan. Pengadaan Material Baja Tulangan Material yang digunakan untuk pekerjaan pembesian gedung pada umumnya adalah baja tulangan ulir. Material berasal dari supplier dan diangkut ke lokasi proyek menggunakan truk. Material yang telah sampai ke lokasi proyek akan diuji terlebih dahulu untuk memeriksa mutu dan kualitas seperti yang sudah ditetapkan. Pengujian yang dilakukan pada umumnya adalah tes tarik, tes tekuk, dan tes tekan. Sampel diambil secara acak untuk setiap beberapa ton baja ntuk masing-masing diameter dengan panjang masing-masing 1 meter. Apabila mutunya sesuai dengan spesifikasi, maka material baja tulangan akan disimpan. Jika tidak sesuai,

Rasio Beton dan Besi

Rasio Beton (n) adalah sebagai berikut: - Plat 0,12 - Kolom 0,07 - 0,08 - Balok 0,1 - Total 0,3 - Konstruksi Khusus 0,4 Beton (m3) = Luas (m2)* n (m) Rasio Besi (m) adalah sebagai berikut: - Kolom 150 - 200 kg/m3 - Balok 100 - 150 kg/m3 - Pelat = 80 - 100 kg/m3 - Pilecap = 80 -120 kg/m3 - Raft = 90 - 120 kg/m3 Rasio hanya sebagai referensi, nilai tidak mutlak

Sistem Plumbing dan Sanitasi

PLAMBING : untuk air bersih SANITASI : untuk pembuangan (cair dan padat) PLAMBING : penyediaan air bersih yang dikehendaki dengan tekanan dan debit yang cukup SANITASI : membuang atau pengeluaran air kotor dari tempat tertentu tanpa mencemarkan bagian lainnya. PERALATAN SANITER : SHAFT : lubang di lantai yang digunakan untuk saluran - saluran vertikal LAVATORI : wastafel URINAL : pembuangan air kencing pria BIDET : pembuangan air kencing wanita FLOOR DRAIN : pembuangan air di kamar mandi PIPA AIR BERSIH harus diisi penuh dengan air. PIPA SANITASI digunakan hanya separuh dari pipa. JENIS DAN PERALATAN PLAMBING : 1. Peralatan Air Minum 2. Peralatan Air Panas 3. Peralatan Pembuangan dan Vent 4. Peralatan Saniter ( Plumbing Fixture) : Peralatan Pemadam Kebakaran Peralatan Pengolahan Air Kotor Peralatan Penyediaan Gas Peralatan Dapur Besar Peralatan Pencucian (laundry) Peralatan Air Pendingin (CHILER) dan berbagai pipa i

Penentuan Berat Hammer untuk Tiang Pancang

Lanjutan dari Pondasi Tiang Pancang dengan Drop Hammer Hal yang perlu diperhatikan untuk penentuan berat Hammer: 1) Untuk tiang pancang beton precast yang berat ke dalam lapisan tanah yang padat seperti pada stiff clay, compact gravel dan sebagainya maka akan sesuai bila dipilih alat pancang yang mempunyai : - Berat penumbuk (hammer) yang besar. - Tinggi jatuh pendek. - Kecepatan hammer yang rendah pada saat hammer menimpa tiang pancang. Type alat pancang yang sesuai dengan pekerjaan ini adalah type Single – Acting Hammer. Dengan keadaan alat pancang tersebut akan diperoleh lebih banyak energi yang disalurkan pada penurunan tiang pancang dan mengurangi kerusakan-kerusakan pada kepala tiang pancang akibat pemancangan.  2) Untuk tiang pancang yang ringan atau tiang pipa dan baja yang berbentuk pipa tipis sering terjadi pipa tersebut rusak sebelum mencapai kedalaman yang direncankan sehingga pada tanah padat akan sesuai bila dipergunakan alat pancang yang mempun